jump to navigation

Persiapan awal yang harus kita siapkan untuk belajar ke negeri Jerman 7 Mei 2012

Posted by aldo1995 in Education.
trackback

Bagi kalian yang bingung untuk mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan jika ingin mendapatkan beasiswa ke Jerman, Ada beberapa hal yang harus anda siapkan untuk memudahkan anda nantinya. Persiapan ini harus dilakukan secara serius, sabar dan penuh motivasi. Menurut pengalaman, ada saja yang menjadi halangan dan mengakibatkan hilangnya kesabaran. Persiapan tersebut secara umum adalah

Persiapan dokumen. – Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang S1, dokumen tersebut adalah akte kelahiran, daftar laporan pendidikan atau rapor dari kelas tiga sekolah menengah umum, Daftar Nilai Ebtanas Murni atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional, Surat Tanda Tamat Belajar atau ijazah SMA. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang S2, dokumen tersebut ditambahkan dengan Ijazah, transkip nilai S1, rekomendasi dari 2 orang pembimbing akademik (pembimbing tugas akhir), dan tulisan yang menjelaskan motivasi anda kuliah ke Jerman. Sedangkan bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang S3, maka diperlukan proposal riset. Semua dokumen tersebut harus diterjemahkan kedalam bahasa Jerman oleh penterjemah tersumpah. Daftar Penerjemah tersumpah bisa dilihat di menu utama.

Persiapan Bahasa. – Anda harus melakukan persiapan bahasa Inggris dan Bahasa Jerman. Banyak universitas mensyaratkan score TEOFL 550 (international, bukan prediksi). Kemudian persiapan bahasa Jerman. Persiapan bahasa Jerman sebaiknya dilakukan di Indonesia untuk menghemat biaya. Lembaga bahasa yang disarankan adalah Goethe Institut, yang terdapat di Jakarta dan Bandung. Ada beberapa skema kursus yang ditawarkan, mulai dari normal sampai super intensive dengan biaya bervariasi. Pemilihan jenis kursus ini tergantung biaya dan lokasi tempat tinggal anda. Level yang disarankan untuk anda selesaikan adalah level B2.

Persiapan mental. – Kuliah di luar negeri adalah berat, baik dari segi mental dan materi kuliah. Dari pengalaman, persiapan mental sangat mendukung kemampuan anda dalam menyerap ilmu. Sebagai contoh, pada saat musim dingin, dengan suhu dibawah nol dan matahari belum muncul, anda sudah harus ke kampus. Adakalanya anda gagal (tidak lulus) pada mata kuliah tertentu yang mengakibatkan tekanan terhadap batin. Jika mental anda tidak kuat, kemungkinan anda gagal lebih besar. Tetapkan keinginan dan motivasi anda. Rasa rindu kampung halaman selalu ada, jadikan itu sebagai hal yang memotivasi anda untuk giat belajar.

Kenali program studi yang anda pilih. – Pertama anda harus memutuskan, ingin kuliah di Universitas atau di Fachhochschule (baca sistem pendidikan di Jerman pada menu utama untuk mengetahui perbedaannya). Kemudian anda harus memilih program studi yang anda inginkan. Menurut pengalaman, banyak mahasiwa yang memilih program studi berdasarkan gaung/nama tanpa mengetahui secara pasti kurikulumnya, sehingga merasa kecewa pada saat mengikuti kuliah dan mengakibatkan kerugian. Adakalanya mereka ini pindah ke jurusan lain. Jadi akan sangat baik jika anda banyak bertanya kepada mereka yang telah memiliki pengalaman kuliah di Jerman. Anda disarankan untuk bergabung dan berdiskusi di forum untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang hal ini. Setelah anda yakin dengan pilihan program studi tersebut, maka langkah selanjutnya adalah melamar. Cara untuk melamar dapat dibaca pada menu utama.

Persiapan Biaya. – Walaupun biaya pendidikan di Jerman lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa negara lain, biaya ini juga tetap lebih mahal dari pada di Indonesia. Perhitungkan kemampuan keuangan anda sebelum memutuskan kuliah di Jerman (jika menggunakan biaya sendiri) untuk menghindari anda putus kuliah. Jika memang niat anda kuat, maka atur strategi dan anda harus sangat konsisten dengan perencanaan.

Aplikasi/Melamar visa. – Setelah anda diterima di salah satu universitas di Jerman (dibuktikan dengan surat penerimaan), maka langkah selanjutnya adalah mengurus visa. Prosedur untuk pengurusan visa dapat dibaca pada menu utama.

Berangkat ke Jerman.- Akhirnya, ketika anda menerima visa, tibalah waktu anda untuk berangkat ke Jerman. Jangan berangkat dulu sebelum anda diterima di Universitas tersebut. Ada beberapa universitas mengirimkan surat panggilan, tetapi dengan syarat tertentu. Misalnya harus membawa surat tertentu pada saat pendaftaran ulang. Sangat banyak pengalaman mereka yang berangkat tanpa surat penerimaan dari universitas harus menunggu waktu yang lama untuk proses aplikasi sampai mereka diterima di universitas. Ada beberapa kasus, mereka ini harus pulang ke Indonesia karena visa yang tidak bisa diperpanjang. Bisa dibayangkan berapa kerugiannya.

SELAMAT BERJUANG ^_^

About these ads

Komentar»

No comments yet — be the first.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: